Indonesia Website Awards
Expired Domain Murah

Alasan Harus Memilih Expired Domain Murah

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan terutama dalam zaman serba digital saat ini. Salah satunya saat ini sedang populer adalah pakar internet dan pakar SEO tengah mencari expired domain murah. Hal ini bertujuan sebagai cara dalam optimasi sebuah website.

Alasan Pilih Expired Domain Murah

Mungkin saja Anda masih belum tahu apa saja alasan pemakaian expired domain sebagai langkah untuk optimasi website. mengingat juga cukup banyak domain unik lainnya dapat digunakan. Jadi saat membeli domain baru sebenarnya jadi suatu hal umum dan banyak dilakukan para internet marketer.

Namun bagi sebagian internet marketer begitupun bagi pakar SEO, nyatanya membeli expired domain menjadi pilihan tepat karena mempunyai keuntungan tersendiri daripada harus mencari domain baru. Pasalnya sudah memiliki backlink sebelumnya sehingga optimasi website jadi terasa lebih mudah.

Selain itu, dalam memilih nama domain expired atau melakukan pembeliannya pun tentunya bertujuan untuk menaikkan posisi website pada search engine. Hal ini menjadi alasan bagi sebagian besar kalangan pakar SEO dimana kebanyakan orang justru memilih membeli domain baru.

Mengenal Apa Itu Expired Domain

Expired domain adalah domain yang mana masa berlakunya sudah habis biasanya dalam hitungan tahun selain itu tidak diperpanjang oleh pemiliknya. Bisa jadi karena lupa untuk melakukan perpanjangan domain ataupun alasan lainnya.

Status domain akan tetap expired asalkan belum di delete oleh sistem website. Namun jika telah di delete maka statusnya berubah menjadi dropped domain atau artinya tidak dapat digunakan lagi. Sebenarnya kebanyakan provider hosting memberi waktu selama 30 hari untuk masa perpanjangan.

Namun jika setelah 30 hari pemilik tidak segera melakukan perpanjangan, maka domain tersebut berubah status menjadi expired domain. Selanjutnya provider hosting akan menawarkannya atau melakukan lelang pada domain tersebut. Masa lelang ini hanya berlaku selama 7 hari saja.

Fungsi Expired Domain untuk Money Site

Sebab domain sebelumnya memiliki authority dan backlink yang baik, maka biasanya domain ini pun lebih disarankan untuk digunakan sebagai domain website utama atau money site. Dalam penggunaannya, ada beberapa fungsi seperti di bawah ini:

PBN (Private Blog Network)

Sebenarnya expired domain yang berfungsi sebagai PBN terbilang cukup licik jika ditujukan untuk mengelabui mesin penelusuran seperti halnya Google. Pakar SEO pun mengetahui bahwa mereka bisa membuat blog sendiri untuk selanjutnya di-backlink ke website money site masing-masing.

PBN atau private blog network juga digunakan untuk mendongkrak blog utama. Selain itu, secara teknis sendiri, Anda bisa membuat web milik Anda sendiri bisa menggunakan expired domain tersebut. Selanjutnya baru diberikan backlink pada website hingga menuju ke domain utama.

Berfungsi sebagai 301 Redirect

Selain itu, expired domain yang sudah terbukti baik dan bagus, tentu saja memiliki banyak pengunjung untuk mengakses konten di dalamnya. Hal ini dapat Anda jadikan sebagai cara bagi Anda melakukan redirect menuju domain utama.
Misalnya saja expired domain yang dibeli adalah b.com sementara domain utama yakni a.com. jadi ketika seorang pengunjung mengakses b.com, mereka akan langsung terhubung ke situs domain utama yaitu a.com.

Cara Menggunakan Expired Domain

Expired domain sebenarnya menjadi properti yang bagus dalam melakukan banyak kepentingan mengenai pengembangan website. Sebelum melangkah lebih jauh, maka penting untuk mengetahui bagaimana cara penggunaannya.

Pengalihan

Fungsi pengalihan ini menjadi cara yang mudah untuk meneruskan seluruh rangkuman tautan menuju ke blog baru. Misalnya saja Anda hendak membeli domain dengan beberapa tautan misalnya saja Mashable, Tech Crunch, Forbes hingga HBC.

Maka dari itu, hal yang harus Anda lakukan adalah dengan mengarahkan kembali nama domain tersebut ke website awal. Selanjutnya cek kembali bagaimana peningkatan kredibilitasnya. Cobalah mengecek domain expired tersebut.

Menguji dan Meningkatkan Domain Otoritas

Anda juga bisa mengecek domain otoritas yang sudah diincar. Apabila domain tersebut telah mendapatkan backlink dari beberapa website dengan nilai DA tinggi, maka tidak perlu lagi melakukan peningkatan kembali.

Nantinya Anda pun bisa menyadari bahwa setiap konten yang ditulis di dalam website tersebut akan berpengaruh pada peringkat di halaman Google. Meski hanya dikerjakan selama beberapa bulan saja, namun ternyata tetap bisa menghasilkan pendapatan secara potensial.

Sebagai PBN (Private Blog Network)

Bagi Anda yang sudah tahu dengan istilah PBN, maka bisa menggunakan expired domain tersebut sebagai private blog network. Tentu hal ini masih menjadi hal asing bagi mereka jika sebelumnya belum pernah mencobanya.

Mempunyai expired domain dengan DA dan backlink tinggi dari website besar tentu mendatangkan keuntungan tersendiri. Setelah berhasil membangun website bagus, maka cobalah untuk meningkatkan peringkat website lagi.

Tips untuk Mendapatkan Expired Domain

Expired domain sebenarnya mempunyai fungsi yang bagus dalam hal pengembangan website khususnya jika ditujukan untuk keperluan bisnis. Salah satunya yakni optimasi SEO karena sebelumnya telah mendapatkan cukup banyak pengunjung. Berikut ini beberapa tipsnya:

Mengecek Domain Pernah Melakukan Spam atau Tidak

Saat Anda memutuskan untuk membeli expired domain, maka perlu mengetahui apakah pemilik sebelumnya pernah melakukan spam atau tidak. Perlu diketahui bahwa hal ini akan berpengaruh buruk ke optimasi website. Dengan begitu, penting mengecek terlebih dulu karena berdampak ke kredibilitas.

Untuk mengetahui apakah expired domain sudah bersih dari tindakan spam atau tidak, Anda bisa menggunakan Wayback. Fitur ini mampu mencatat snapshot dari page sebelumnya. Selain itu juga sekaligus dapat melihat konten secara sekilas guna mengetahui website tersebut melakukan spam.

Mengecek Link yang Tertera Di Dalamnya Mengandung Spam atau Tidak

Pertimbangan lain yang tidak kalah pentingnya untuk Anda perhatikan adalah mengecek link apa saja tertera di dalamnya. Langkah satu ini pun memiliki tujaun sama yakni mengetahui apakah sebelumnya pernah melakukan tindakan spam atau tidak lewat beberapa backlink di dalam expired domain tersebut.

Untuk mencari tahunya, Anda bisa menggunakan tools dengan nama Ahrefs. Fitur ini telah dilengkapi dengan database backlink paling besar di internet sehingga dapat diandalkan jika ingin mencari informasi apapun. Terlebih jika masih berhubungan dengan mesin pencarian seperti Google.

Memeriksa Otoritas Domainnya

Otoritas domain menjadi parameter yang sering digunakan untuk mengukur kekuatan dari sebuah website lewat sebuah domain. Setelah Anda menentukan expired domain telah terbebas atas tindakan spam, maka langkah berikutnya adalah bisa menyaring domain ini berdasar DA atau domain authority.

Anda bisa mencari dan memilih setidaknya expired domain yang memiliki nilai DA minimal 20 ke atas. Apabila dapat menemukan dengan nilai di bawah 20, maka resikonya yakni tidak akan sepadan dengan harga belinya meski telah mendapatkan penawaran paling murah sekalipun.

Penutup

Nyatanya ada beberapa keuntungan tersendiri jika Anda mencoba untuk menggunakan expired domain murah. Hal ini nyatanya sudah menjadi pilihan tersendiri bagi kebanyakan para pakar SEO sehingga dapat dijadikan sebagai opsi terbaik dalam membangun website.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top