Pengertian Marketing Intelligence

Pengertian Marketing Intelligence, Manfaat, dan Tahapannya

Ketika seseorang ingin menerapkan metode bisnis untuk terus beradaptasi dengan perubahan, ada baiknya memahami terlebih dahulu pengertian marketing intelligence. Hal ini dilakukan agar nantinya lebih mudah bersaing dengan kompetitor. Selain itu, mereka juga lebih memahami bidang tersebut.

Pengertian Marketing Intelligence

Marketing intelligence adalah strategi untuk mengumpulkan informasi yang relevan setiap hari dari sebuah perusahaan. Seperti pengumpulan data dan analisis pasar berdasarkan kondisi dan informasi yang diperlukan. Marketing intelligence adalah bagian penting dari dunia pemasaran.

Anda harus tahu bahwa marketing intelligence merupakan data eksternal yang dikumpulkan perusahaan di pasar tertentu ketika mereka ingin memasuki pasar itu. Tentunya informasi ini sangat berguna untuk pengambilan keputusan bisnis berdasarkan kondisi pasar.

Informasi yang diperoleh selanjutnya akan diproses dengan benar. Tujuannya adalah untuk memudahkan identifikasi target pasar, langkah-langkah, pengembangan pasar dan strategi. Hal ini sangat penting jika Anda ingin melakukan bisnis di pasar luar negeri.

Kemudian diberikan kepada departemen yang membutuhkannya. Hingga saat ini, marketing intelligence telah menggunakan perangkat lunak terbaik sebagai layanan berbasis cloud.

Hal ini berarti lebih mudah untuk meminimalkan kerugian dalam bisnis. Selain itu, bisnis juga dapat tumbuh dengan cepat seperti yang diharapkan. Anda dapat mengumpulkan pemasaran dari banyak sumber. Seperti media sosial, hasil survei, penjualan, dll.

Kemampuan Dalam Marketing Intelligence

Marketing intelligence disebut sebagai kercedasan pemasaran yang memiliki kemampuan menganalisis dan mengumpulkan data. Ada 4 kecerdasan atau kemampuan yang sangat penting, yaitu:

Memahami Produk

Sistem yang mampu mengumpulkan dan menganalisis informasi secara otomatis. Adanya bantuan kecerdasan ini memungkinkan manusia menghemat tenaga dan waktu.

Memahami Pelanggan

Metode yang diterapkan untuk memahami konsumen atau pelanggan. Dari apa yang pelanggan harapkan dari produk dan layanan dan bagaimana pelanggan menggunakannya.

Riset Pasar

Proses memahami dan membangun hubungan baik dengan pelanggan. Adanya kecerdasan ini memungkinkan perusahaan untuk mengetahui di mana ada celah pada produk yang dapat diperbaiki. Kalau ada manfaatnya bisa ditingkatkan.

Pemahaman Pesaing

Proses langkah demi langkah yang dirancang untuk memfasilitasi pengumpulan data pesaing. Tujuannya adalah untuk mengetahui kualitas produk atau jasa yang dikembangkan oleh para pesaing.

Manfaat Menerapkan Marketing Intelligence

Pahami bahwa marketing intelligence memang memiliki banyak manfaat, terutama untuk pertumbuhan bisnis. Misalnya membantu mengetahui kondisi pasar saat ini, mengurangi resiko pemalsuan atau perusakan produk/jasa perusahaan.

Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa pesaing baru dengan lebih cepat. Menggunakan pemasaran ini untuk membuat keputusan yang tepat memudahkan pemilik bisnis untuk menjalankan promosi. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari penerapan marketing intelligence:

  • Marketing intelligence berguna untuk mengetahui kondisi pasar saat ini.
  • Mendeteksi lebih cepat jika pesaing baru muncul.
  • Mengurangi risiko pemalsuan atau perusakan produk dan jasa Anda.
  • Memudahkan pengambilan keputusan promosi yang baik.
  • Memudahkan terciptanya inovasi produk dan jasa.
  • Mengembangkan strategi pemasaran yang cocok dan tepat sesuai dengan situasi.
  • Dapat menciptakan cara kreatif dalam mendistribusikan produk.
  • Memudahkan penetapan harga berdasarkan kondisi pasar dan pelanggan.

Beberapa Tahapan Marketing Intelligence

Sebelum menerapkan pemasaran cerdas, Anda harus memahami beberapa langkah kunci terlebih dahulu. Dengan cara inilah nantinya dia akan menerapkan strategi pemasaran ini secara lebih efektif dalam sebuah bisnis. Berikut beberapa langkah lengkapnya:

Perencanaan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat perencanaan. Karena itu, cobalah untuk tidak terburu-buru mengumpulkan data marketing intelligence. Pasalnya, ada beberapa hal yang perlu direncanakan.

Dalam hal ini, cobalah mencari tahu informasi apa yang perlu dan penting untuk dicari. Cara ini nantinya akan lebih maksimal untuk mendapatkan data sesuai dengan kebutuhan sebelumnya. Implementasi pemasaran juga jauh lebih optimal.

Pengumpulan Informasi dan Data

Setelah Anda berhasil mempelajari berbagai informasi yang diperlukan, Anda dapat melangkah ke langkah berikutnya. Khususnya pengumpulan informasi dan data. Pada tahap ini juga bisa dikatakan sebagai tahap pengamatan atau observasi.

Dengan cara ini Anda dapat melakukannya dengan banyak cara. Pertama yaitu dengan berkomunikasi langsung dengan pemasok, distributor atau pelanggan. Kedua, hanya berkomentar melalui media. Sedangkan yang terakhir melibatkan mendapatkan data dari manajer bisnis.

Analisis

Langkah lain yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah analisis. Seperti menganalisis kondisi dan situasi pasar. Anda juga dapat melakukan analisis pelanggan dan pesaing. Tujuannya adalah untuk memahami bagaimana pasar bereaksi terhadap produk/jasa.

Selain itu, proses analitik itu sendiri juga dapat bertujuan untuk mengontrol pertumbuhan sekaligus meningkatkan pangsa pasar dengan menyeimbangkan biaya dan harga, jadi jangan lewatkan langkah ini.

Berbagi

Terakhir, pastikan untuk melakukan langkah berbagi. Khususnya, proses berbagi informasi dengan departemen bisnis saat mereka membutuhkannya. Tidak mengherankan jika data yang dikumpulkan bervariasi karena kebutuhan tidak selalu sama.

Dalam sistem marketing intelligence itu sendiri, ini dilakukan dengan menyusun laporan dan kemudian melihat data seperti yang diperoleh. Dengan cara ini akan lebih mudah dicerna dan digunakan sesuai kebutuhan.

Jenis Marketing Intelligence

Setelah memahami berbagai tahapan dalam menciptakan komunikasi pemasaran, mari kenali dulu beberapa jenisnya. Selain itu, data yang dikumpulkan tentunya berbeda-beda sehingga tidak terbatas pada satu jenis saja. Berikut ulasan lengkapnya:

Customer Intelligence

Jenis pemasaran ini dimaksudkan untuk mendapatkan wawasan dan informasi konsumen profesional. Tentu saja, sangat penting untuk melakukannya. Alasannya, efisiensi dapat membantu meningkatkan pendapatan dan penjualan.

Di luar itu, ada banyak hal yang perlu Anda pahami tentang pelanggan. Berdasarkan tujuan, motif, persepsi dan preferensi. Dengan informasi ini, akan lebih mudah untuk memverifikasi mengapa mereka memilih merek atau produk.

Competitor Intelligence

Seperti namanya, jenis pemasaran ini dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang bisnis pesaing. Tentunya ini bisa menjadi salah satu kunci utama untuk bisa menerapkan teknik pemasaran yang efektif. Hal ini juga akan membantu Anda membangun bisnis yang sukses.

Namun, Anda harus memahami bahwa ini tidak berarti bahwa proses ini dilakukan dengan mencuri data secara ilegal. Data yang dikumpulkan harus berdasarkan sumber agar dapat diakses secara umum. Tidak mengherankan jika prosesnya harus dilakukan secara etis.

Technology Intelligence

Proses mengidentifikasi dan menganalisis peluang dan ancaman terhadap teknologi yang memengaruhi pertumbuhan bisnis. Apalagi jika ingin mengadakan kontes. Tentu saja, perlu berinvestasi dalam teknologi tergantung pada masing-masing perusahaan.

Selain itu, cobalah untuk menggunakan teknologi dengan tepat. Hal inilah yang nantinya dapat membuat proses bisnis jauh lebih efisien dan efektif. Tentunya para kompetitorlah yang membuat perkembangan teknologi tersebut, sehingga mereka pun mengadopsi teknik pemasaran tersebut.

Social Media Intelligence

Kategori selanjutnya adalah social media intelligence. Anda dapat mengumpulkan informasi sendiri melalui sosial media. Selain itu, keberadaan sosial media tentunya memberikan ruang bagi masyarakat dibandingkan kompetitor. Oleh karena itu, jangan sampai gagal menerapkannya.

Cobalah untuk menyimak dan mengikuti sosial media. Tujuannya tidak lebih dari untuk memahami apa yang dikatakan pengguna Internet tentang pesaing dengan tren di bidang bisnis Anda. Tentunya sangat mudah untuk mencari berbagai data dan informasi.

Geopolitical Intelligence

Termasuk jenis marketing intelligence yang mencakup informasi tentang bahasa, sejarah, budaya, peraturan bisnis, dan masalah lain yang relevan di suatu wilayah atau negara. Dengan demikian, keberadaannya tidak kalah pentingnya dengan yang lain.

Dalam hal ini, Anda perlu mengumpulkan analisis data geopolitik. Apalagi jika Anda ingin bisnis Anda memiliki jangkauan yang luas. Tentunya sangat penting untuk mengetahui marketing intelligence ini dengan baik. Bahkan jika Anda mendirikan bisnis di negara lain.

Product Intelligence

Terakhir, ada product intelligence yaitu informasi mengenai produk. Entah itu produk pesaing atau produk Anda sendiri. Tak heran jika keberadaannya begitu penting, terutama bagi perusahaan di bidang retail.

Setelah itu, Anda perlu mengumpulkan informasi maksimal untuk mengembangkan produk sesuai tren atau zaman. Oleh karena itu, product intelligence merupakan kategori yang wajib diterapkan.

Penutup

Itulah manfaat yang bisa didapat dari marketing intelligence jika digabungkan. Kecerdasan tidak ada artinya jika tidak digunakan dengan benar. Pemasaran tidak dapat berkembang tanpa menggunakan kecerdasan dan kecanggihan teknologi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top