Pengertian POSM

Pahami Pengertian POSM, Jenis dan Fungsinya

Pesatnya pertumbuhan e-commerce telah membawa banyak istilah baru dalam dunia teknologi dan pemasaran. Salah satunya adalah posm yang sering digunakan untuk promosi atau iklan. Keberadaannya dapat membantu mengubah cara pandang konsumen terhadap suatu produk. Anda juga bisa menggunakannya sebagai dekorasi yang menyenangkan di toko. Tak heran jika display lebih rapi dan menjadi daya tarik tersendiri.

Pengertian POSM

POP Display atau POSM adalah singkatan dari Point of Sales Materials atau Point of Purchase. Secara umum, ini dapat berfungsi sebagai stand display untuk lebih mudah menarik perhatian pelanggan. Dengan cara ini, mereka akan tahu lebih banyak tentang suatu produk atau merek.

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan titik atau momen ketika pelanggan bertemu dengan merek atau produk. POP Display sendiri juga berguna sebagai alat untuk menunjukkan proses transaksi antara konsumen dan pemilik bisnis.

Proses transaksi seringkali berbeda. Seperti konsumen yang menemukan produk atau membelinya. Oleh karena itu, jangan abaikan penggunaan POSM karena bisa sangat membantu dalam meningkatkan penjualan.

Mengapa Anda Harus Menggunakan POSM?

Tahukah Anda bahwa menggunakan POSM memiliki banyak keuntungan. Tidak hanya dapat mengubah cara pandang konsumen terhadap produk, tetapi juga dapat menjadi dekorasi yang menarik dalam karakter untuk memudahkan pelanggan mengingatnya di kemudian hari.

Manfaat lainnya adalah membuat display terlihat lebih rapi dan tertata. POSM juga memiliki kemampuan untuk menciptakan brand awareness. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan efisiensi Anda sebagai penjual dalam hal penawaran produk.

POSM sendiri sering digunakan sebagai tampilan. Tentunya akan lebih mudah untuk menarik perhatian konsumen. Jadi jangan anggap remeh. Tidak mengherankan, ini bisa menjadi cara yang efektif bagi konsumen untuk mempelajari suatu produk/merek.

Fungsi POSM

Pada dasarnya, POSM terdiri dari istilah-istilah yang menggambarkan ketika seseorang menemukan merek atau produk Anda. Tak heran jika bisa berhasil untuk lebih mudah dikenal. Inilah sebabnya mengapa ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukannya.

Pastikan Anda mengetahui jenis identitas Anda terlebih dahulu. Juga, pahami informasi apa ketika Anda ingin menyebarkannya melalui tempat penjualan. Tentunya akan terlihat lebih eye catching, yang efektif akan menarik perhatian banyak orang.

Tidak ada salahnya membuat gimmick untuk membuat orang semakin penasaran. Tambahkan juga balon dan desain lainnya sebagai sarana menghibur audiens target Anda nantinya. Selain itu, pastikan memilih material yang sesuai dengan desain dan tema brand atau produk Anda.

Manfaat POSM

Manfaat teknik pemasaran POS sangat signifikan dalam dunia pemasaran produk. Inilah mengapa POS harus digunakan untuk strategi pemasaran produk yang sukses. Dengan cara ini, posm bekerja sangat baik untuk memberikan informasi kepada banyak orang dengan promosi dan penerimaan yang tepat.

Selain dapat meningkatkan penjualan produk yang dipasarkan, tentu juga ada kemungkinan promosi untuk perusahaan atau toko dan retailer. Pasti akan terus berkembang. Inilah adalah fungsi menampilkan posm, Anda dapat menggunakan gaya apa pun yang Anda inginkan.

Asalkan Anda memilih jenis postingan yang tepat dengan promosi, iklan, kampanye, dan tujuan lain yang ingin Anda sampaikan. Dengan begitu, akan selalu menarik perhatian dan minat banyak orang.

Tentu saja, fungsi menggunakan posm sangat menarik perhatian. Sangat mungkin untuk menyoroti fitur produk yang berbeda. Demikian pula dalam bisnis, tujuan memenangkan persaingan bermula dari mendapatkan perhatian konsumen.

Sifat POSM

Pada dasarnya, media periklanan dapat digunakan untuk menampilkan informasi merek kepada pengguna. Inilah bagian dari kampanye BTL atau platform periklanan. Semua jenis posm dapat digunakan untuk menjalankan promosi periklanan, pameran, presentasi.

Karena jenis ini dapat menarik banyak perhatian konsumen dan mempromosikan merek. Tentu saja inti dari POSM adalah informatif karena dapat membangkitkan minat dan merangsang pembelian.

Jenis POSM

POSM dapat menjadi materi promosi dalam berbagai bentuk. Bahkan sekarang, banyak pemain komersial yang sudah menggunakannya. Dengan cara ini Anda dapat memilih salah satu dari mereka sesuai dengan kebutuhan Anda. Dari sosok manusia hingga selebaran. Untuk kejelasan, berikut adalah beberapa rincian lengkap:

Wobler

Anda harus tahu bahwa wobler adalah alat visualisasi yang dapat ditempatkan di beberapa tempat. Diantaranya tempel di layar penjualan, tempel di dinding atau bisa juga menggunakan mika dan bahan sejenis lainnya untuk menarik perhatian calon konsumen.

Hal ini tentunya akan membuat citra promosi menjadi lebih luwes dan bergerak. Bentuk wobler sendiri biasanya dua dimensi. Tidak mengherankan jika sangat mudah untuk menarik perhatian pembeli setelahnya.

Brosur

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan dan kesuksesan kampanye secara efektif, cobalah memilih brosur. Tentunya Anda sudah mengetahui bentuk POSM yang satu ini. Alasannya karena sudah umum digunakan oleh para pemilik usaha.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya menjadikannya sebagai pilihan. Brosur itu sendiri terdiri dari bahan cetakan dan mencakup beberapa halaman yang dijilid. Tak heran jika bentuknya yang cukup mirip buku semakin menarik perhatian.

Poster

Salah satu hal yang mempengaruhi keberhasilan sebuah kampanye adalah dengan serius dan membuatnya semenarik mungkin. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memanfaatkan keberadaannya sebagai bahan promosi yang efektif untuk sebuah produk.

Apalagi jika tampilan luarnya jauh lebih menarik dengan gambar berwarna, tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempromosikan produk atau meningkatkan brand awareness. Kemudian Anda bisa menempelkannya di dinding, etalase atau pintu.

Dangler

Salah satu bentuk POSM berikutnya adalah dangler, yaitu tanda gantung yang biasa digunakan di langit-langit toko retail. Tentu saja sangat efektif jika Anda menggunakannya, terutama jika Anda ingin menarik perhatian pengunjung Anda nanti.

Sebagai contoh sederhana, gantungan bisa berupa selembar kertas tebal dengan tulisan promosi. Tentu saja, Anda dapat menggunakannya untuk membuat pengunjung Anda lebih tertarik dan mempelajari lebih lanjut tentang produk tersebut. Keberadaannya juga bisa menjadi POSM tiga dimensi.

Stiker

Stiker merupakan salah satu jenis bahan promosi yang biasa digunakan oleh perusahaan. Terutama ketika mereka ingin mempromosikan produk mereka. Hal ini tidak lebih dari untuk berbagai manfaatnya. Berasal dari sifat fleksibel yang dapat dengan mudah ditempelkan dimana saja.

Tentunya Anda dapat mengubah stiker menjadi bentuk POS untuk tujuan meningkatkan penjualan serta mensukseskan kampanye lainnya. Misalnya kalender, jam, asbak, korek api, gantungan kunci, payung, topi, baju, dll.

Bunting

Istilah bunting sepertinya masih asing bagi sebagian orang. Namun, keberadaannya sangat cocok untuk menarik perhatian konsumen untuk membeli produknya atau sekadar mengingat merek yang Anda miliki.

Bunting itu sendiri adalah bendera/stiker/pita kecil yang ditandai dengan utas berurutan. Dengan cara ini akan menjaga jarak secara merata dan disebut bunting dalam terminologi POSM. Anda dapat menggunakannya di jendela atau pintu.

Standee

Pahami terlebih dahulu bahwa standee adalah tampilan yang berdiri sendiri untuk tujuan mempromosikan kampanye/media/program. Tentu saja, menggunakan salah satu bentuk POSM ini sangat dianjurkan karena sudah banyak orang yang menggunakannya untuk meningkatkan penjualan mereka.

Umumnya standee ini akan ditempatkan di luar tempat penjualan agar lebih mudah menarik perhatian pejalan kaki yang melewatinya. Keberadaannya pun mencakup berbagai jenis. Dari 3D, LED, roll up, kanvas, MDF, lantai, dan lainnya.

Tips Memaksimalkan POSM

Fungsi umum dari posm ini sama, untuk setiap jenis pilihan. Dimana sama-sama bertujuan untuk dikenal sebanyak mungkin orang. Namun, agar fungsi dapat berjalan sebagaimana mestinya dengan hasil yang diterapkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukannya.

Pastikan Anda mengetahui identitas merek Anda atau apa yang ingin Anda sampaikan pada tahap pembelian ini. Dengan cara ini, bisa lebih eye-catching. Selain itu, Anda perlu mengetahui identitas brand atau produk untuk memudahkan penargetan.

Tentunya Anda harus membuat gimmick, jika bisa membuat orang semakin penasaran dan ingin menyentuhnya. Tentunya memilih jenis tampilan POSM yang paling sesuai juga cukup penting bagi produsen.

Oleh karena itu, pastikan Anda bisa memilih yang sesuai dengan tema dan desain produk Anda. Sebab, jika Anda ceroboh, bisa menimbulkan kesenjangan antara desain dan periklanan.

Penutup

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian POSM yang harus Anda ketahui. Istilah itu sendiri memiliki banyak jenis, jadi pastikan untuk menggunakan salah satunya. Dengan cara ini tentunya akan lebih efisien untuk mencapai peningkatan penjualan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top