Pengertian Synchronization

Apa Pengertian Synchronization? Tujuan, Fungsi, Jenis Serta Contohnya

Apakah Anda tahu apa itu Synchronization? Synchronization atau sinkronisasi pada dasarnya adalah proses yang berkelanjutan untuk memperbarui perubahan secara otomatis untuk menjaga konsistensi sistem.

Pengertian Synchronization

Jadi, pengertian synchronization atau sinkronisasi adalah koordinasi yang tepat dari beberapa peristiwa atau perangkat. Di dalam dunia komputerisasi, synchronization mengacu pada koordinasi perangkat keras. Membuat data yang ada kemudian dibuat secara identik.

Untuk jenis sinkronisasi itu ada 2 yaitu sinkronisasi data dan sinkronisasi proses. Sinkronisasi proses adalah eksekusi dari beberapa proses yang memerlukan tindakan tertentu. Misal replikasi basis data kemudian digunakan untuk menyimpan salinan data yang disinkronkan dengan server database.

Sedangkan sinkronisasi data adalah proses membangun konsistensi antara data dari sumber penyimpanan dan sinkronisasi data dilakukan secara berkala dan terus menerus.

Contoh Synchronization dan Penerapannya

Terdapat contoh mudah untuk lebih mudah dalam memahami. Sebagai pengguna windows banyak sistem operasi yang otomatis menyinkronkan dengan time server secara remote atau jarak jauh. Akurasinya bisa dibilang sangat bagus.

Sinkronisasi ini biasanya bertujuan untuk memperbaiki kesalahan yang terdapat pada komputer atau laptop Anda. Contoh lainnya adalah layanan penyimpanan cloud, dimana layanan tersebut akan melakukan sinkronisasi perubahan data file di beberapa perangkat terhubung.

Apabila terjadi perubahan file pada perangkat yang disinkronkan, maka data secara otomatis diperbarui semuanya. Pada perangkat mobile, program sinkronisasi yang umum digunakan seperti iTunes, The Missing Sync, Palm Desktop, dan iSync.

Apakah Synchronization itu Penting?

Apabila bertanya apakah sinkronisasi itu penting dilakukan tentu iya. Sinkronisasi penting dilakukan karena bertujuan untuk memeriksa adanya perbedaan antara 2 wadah data. Hal ini bertujuan untuk menghindari transfer data yang tidak diperlukan pada kedua sumber data.

Untuk itu, skema dari sinkronisasi ini biasanya memperbarui kedua sumber data hanya dengan mentransfer penambahan, perubahan ataupun penghapusan data. Sinkronisasi sendiri dapat bersifat lokal yang artinya 2 sumber data saling bersebelahan dan data ditransfer.

Selain bersifat lokal, sinkronisasi juga ada yang bersifat jarak jauh atau remotely. Sinkronisasi ini dilakukan melalui jaringan seluler.

Fungsi Synchronization pada Handphone

Fungsi sinkronisasi pada handphone memang menimbulkan dampak yang baik. Apalagi bagi seorang gamer yang biasanya digunakan untuk backup level. Dengan adanya sinkronisasi ini data kana tersimpan dengan aman. Selain itu, beberapa fungsi sinkronisasi pada handphone.

Memperbarui Data

Tentunya fungsi utama dari sinkronisasi adalah untuk memperbarui data aplikasi. Sinkronisasi pada handphone biasanya bisa dilakukan secara otomatis apalagi jika telah mengaktifkan mode otomatis. Maka semua pemberitahuan akan langsung masuk ke handphone.

Data yang bisa disinkronisasi juga cukup banyak, mulai dari data kontak, dokumen, aplikasi dan lain sebagainya. Jadi akan sangat bermanfaat bagi pengguna handphone.

Meningkatkan Keamanan

Fungsi yang kedua adalah untuk meningkatkan keamanan akun. Hal ini dikarenakan dengan melakukan sinkronisasi akun bisa melakukan pelacakan akun yang login menggunakan perangkat handphone Anda.

Notifikasi atau pemberitahuan mengenai hal tersebut akan muncul pada email yang ada pada perangkat handphone. Hal ini membuat keamanan akun lebih meningkat dan bisa mengetahui siapa yang telah atau akan menggunakan akun tersebut.

Menyimpan Data Game Online

Fungsi selanjutnya adalah untuk menyimpan data game online. Bagi para gamer pasti sudah tidak lagi dengan sinkronisasi akun pada handphone. Salah satu fungsi sinkronisasi handphone adalah untuk menyimpan data pada game online.

Tujuannya adalah agar gamer dan dengan mudah untuk menemukan dan menghindari data yang hilang. Untuk itu sinkronisasi akan sangat membantu bagi pecinta game online.

Memulihkan Data pada Handphone Baru

Memulihkan data pada handphone baru adalah salah satu fungsi dari sinkronisasi. Jadi apabila ingin mengganti handphone baru, tidak perlu khawatir dalam memindahkan data. Cukup lakukan sinkronisasi, maka data akan mudah untuk pindah pada handphone baru.

Mulai dari data kontak, aplikasi, dokumen bahkan hingga data yang terdapat pada game. Sinkronisasi ini bisa membantu back up sehingga data pada handphone lama akan aman.

Tambahan Penyimpanan

Fungsi lainnya yaitu sebagai tambahan penyimpanan gratis. Jadi Anda bisa mendapatkan tambahan penyimpanan gratis dari google yaitu sebesar 15GB. Jumlah ini bisa bertambah apabila pengguna aktif untuk memberikan kontribusi pada aplikasi milik google.

Contohnya jika Anda memberikan kontribusi pada aplikasi google map, maka Anda bisa mendapatkan 100 GB penyimpanan gratis pada setiap 10 kali kontribusi.

Melacak Handphone Hilang

Fungsi yang terakhir adalah bisa membantu dalam melacak handphone yang hilang. Mungkin sebagian pengguna pernah mengalami hal ini, nah dengan melakukan sinkronisasi akun Anda akan lebih mudah untuk melacak handphone tersebut.

Untuk melakukannya Anda memerlukan bantuan dari aplikasi android device manager. Handphone juga harus dalam keadaan terhubung dengan internet untuk melakukannya.

Langkah Synchronization pada Handphone

Sebelum melakukan sinkronisasi, Anda bisa melakukan update pada aplikasi Gmail lebih dulu. Ini bertujuan untuk memunculkan pesan atau notifikasi terbaru pada email. Kemudian restart perangkat dan jangan lupa hubungkan dengan internet. Berikut langkah sinkronisasi yang bisa dilakukan.

Sinkronisasi Melalui Email

Setelah memastikan beberapa hal diatas, untuk melakukan sinkronisasi melalui email Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi Gmail pada handphone.
  2. Klik gratis tiga pada halaman utama.
  3. Pilih setelah atau setting.
  4. Kemudian pilih email dan sinkronisasi.
  5. Cari Sync Gmail pada Data Usage
  6. Selanjutnya ceklis sync gmail.

Sinkronisasi pada Perangkat

Untuk melakukan sinkronisasi pada perangkat, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka menu pengaturan atau setting pada handphone.
  2. Pilih Accounts.
  3. Jika sudah pilih sync.
  4. Aktifkan auto-sync pada akun google Anda.

Penutup

Jadi itu pengertian synchronization atau yang bisa disebut sinkronisasi dalam Bahasa Indonesia. Ternyata sinkronisasi penting untuk dilakukan karena memiliki manfaat dan fungsi bagi perangkat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top