Pengertian Website Statis

Pelajari Pengertian Website Statis dan Manfaatnya

Dengan banyak fungsi dan fitur baru, website statis menarik lebih banyak pengguna. Jika Anda termasuk orang yang tertarik untuk membuatnya, Anda harus memahami pengertian dari website statis itu sendiri.

Definisi dan Pengertian Website Statis

Website statis adalah website yang dibuat dengan kode HTML untuk menampilkan informasi konten secara eksklusif. Dengan kata lain, pengunjung hanya dapat mengakses data dan tidak dapat mengubahnya.

Alasan website statis lebih sering digunakan akhir-akhir ini adalah karena pengkodean lebih mudah disatukan. Tampilan konten yang dihasilkan juga dapat menyesuaikan dengan niat pengguna atau faktor lainnya.

Dengan kata lain, jika Anda membutuhkan website yang mengutamakan kecepatan pembuatan daripada akses. Maka menggunakan website jenis ini bisa menjadi pilihan terbaik yang bisa diputuskan.

Perbedaan Website Statis dan Dinamis

Ada dua jenis website yang harus diketahui saat ini, statis dan dinamis, website statis mampu memberikan konten website yang stabil. Setiap informasi yang terkandung di dalamnya dikodekan dengan kode HTML untuk ditampilkan kepada setiap pengunjung.

Website statis adalah jenis website yang mudah untuk dikembangkan. Tidak seperti tipe dinamis, pemrograman web terperinci dan desain basis data diperlukan.

Website statis ini dibuat dengan membangun hanya beberapa halaman HTML dan kemudian mengunggahnya ke server. Website statis memiliki penyandian tetap, jadi pengeditan informasi halaman harus dilakukan secara manual.

Penggunaan Website Statis dan Dinamis

Untuk membuat website yang dapat digunakan secara optimal, sangat penting untuk memahami karakteristik dari jenis website tersebut. Kedua jenis website tersebut memiliki kelebihan masing-masing tergantung dari penggunaannya.

Untuk menggunakan website sebagai landing page, memilih jenis halaman statis mungkin cocok, namun jika Anda membutuhkan website yang besar dengan ratusan bahkan ribuan halaman, Anda bisa memilih untuk membuat website yang dinamis.

Kecepatan pembuatan halaman website statis juga dibantu dengan penggunaan template. Dengan menggunakan fitur ini, pembuatan halaman website statis dapat lebih cepat dan informasi dapat ditampilkan dengan lebih efisien.

Pahami Cara Kerja Website Statis

Untuk memahami halaman web statis, kita harus memperhatikan bagaimana cara kerjanya bisa menjadi metode tercepat. Adapun cara kerjanya, ada 3 langkah yang diperlukan agar konten statis dapat disajikan di server.

  • Pengguna mengakses tautan dari website statis.
  • Server web mengambil file dari disk penyimpanan server.
  • Server web menampilkan informasi file kepada pengguna.

Jenis file umum yang digunakan di website statis adalah JavaScript, CSS, video, teks, dan tentu saja gambar. File dapat disajikan sebagai konten statis sehingga dapat dilihat oleh pengguna dan tidak dapat dimodifikasi.

Manfaat Nenggunakan Website Statis

Selain membahas konsep website statis. Penting juga untuk memahami manfaat website statis. Ada beberapa manfaat ketika Anda memutuskan untuk menggunakan jenis website statis. Berikut beberapa manfaatnya:

Keamanan Website yang Lebih Baik

Keuntungan pertama yang bisa didapat ketika memutuskan untuk menggunakan website statis adalah jauh lebih baik dalam hal keamanan. Memang, website statis tidak memerlukan interaksi dengan pengunjung untuk mempertahankan datanya.

Website bertipe dinamis seringkali sangat rentan terhadap peretasan atau aktivitas peretasan. Jika sistem database berhasil disusupi, website mungkin rusak. Website statis tidak memiliki database yang dapat diretas pengunjung.

Akses Lebih Cepat

Kelebihan selanjutnya dari website statis adalah memberikan kecepatan loading website yang sangat efektif. Alasan ini bisa terjadi adalah karena tidak perlu berinteraksi dengan pengunjung.

Proses seperti memasukkan nama pengguna, kata sandi, dan beberapa hal yang perlu diunduh sebelum mengakses website dinamis tidak dialami di situs statis. Karena alasan ini, perbedaan kecepatan bisa mencapai 10 kali lebih besar.

Penggunaan Lebih Fleksibel

Selain itu, yang membuat banyak orang senang menggunakan website statis adalah sifatnya yang fleksibel. Karena sangat cepat dan mudah dibuat, tidak memerlukan alat pembuatan apa pun seperti CMS dan sejenisnya, cukup gunakan template untuk mengganti kode secara manual.

Memiliki Footprint yang Minimalis

Permintaan untuk menjalankan web dinamis tidak terjadi secara statis. Selama itu dapat mengambil file HTML yang dihosting di host. Informasi yang ditampilkan pada halaman website statis meninggalkan jejak yang lebih kecil.

Sangat penting untuk menggunakan Footprints dalam proses pengembangan website itu sendiri. Dengan memiliki footprint yang lebih sederhana, website statis dapat mempercepat tracking sehingga traffic pengunjung tumbuh pesat.

Tidak Memerlukan Database

Keuntungan yang sangat dihargai oleh pengguna website statis adalah tidak memerlukan database. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, menampilkan informasi website statis tidak memerlukan database karena konten sudah diisi sebelumnya dalam pengkodean.

Untuk itu, saat membuat website statis, Anda tidak akan mendapatkan masalah seperti “Error Creating Database Connection”. Website statis juga dapat memanfaatkan hosting file CDN dengan baik agar selalu terlihat bagus.

Mudah Dikembangkan

Membuat website statis yang tidak memerlukan database membuatnya mudah untuk dikembangkan. Dengan penambahan fitur yang sederhana, biaya pengembangan website jenis ini akan lebih murah untuk Anda saat baru mulai membangun website.

Tidak Membutuhkan Sumber Daya yang Besar

Ketika sebuah website menampilkan informasi yang menarik, maka akan meningkatkan kunjungan dari hari ke hari. Ketika ini terjadi, Anda memerlukan layanan web hosting atau server untuk menanganinya. Website statis bisa sangat terukur karena tidak memiliki banyak sumber daya.

Dapat Menekan Biaya Pembuatan Website

Pembuatan website tentunya memiliki biaya yang dikeluarkan. Dengan membangun website statis maka background yang akan digunakan akan lebih ringan dan tentunya minimalis.

Karena cepat berkembang dan tidak memerlukan pemrograman yang rumit, membuat website statis cukup terjangkau, yang diperlukan hanyalah bandwidth untuk mengakomodasi aliran traffic pengunjung.

Dikombinasikan dengan biaya perawatan yang sangat rendah. Berbeda dengan web dinamis yang harus memikirkan uang ekstra untuk perawatan dan keamanan harus selalu up to date untuk menghindari serangan virus dan hacker pada database.

Penutup

Demikian informasi tentang pengertian website statis yang dapat Anda dipelajari. Setelah Anda memahami jenis-jenis website dan manfaatnya, Anda tidak akan bingung lagi dalam mengambil keputusan untuk membuat website dan dengan sendirinya Anda akan dapat mengambil keputusan yang tepat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top